Postcard.

Postcard a.k.a kartu pos, kenalkah kalian dengan benda yang satu ini? Atau bahkan belum pernah tau? Menurut wikipedia, Kartu pos adalah selembar kertas tebal atau karton tipis berbentuk persegi panjang yang digunakan untuk menulis dan pengiriman tanpa amplop dan dengan harga yang lebih murah daripada surat.

Akhir-akhir ini berkirim kartu pos menjadi hobi baruku, dan aku sangat menikmatinya. Dari proses menulis kartu pos, mencari kartu pos yang sekarang agak susah dicari, bercerita dengan menuliskannya di balik kartu pos, pergi ke kantor pos membeli perangko dan mengirimkannya, menunggu kabar datangnya kartu pos itu, dan kebahagiaan dari orang yang menerima kartu pos kita. Prosesnya memang panjang, tapi malah disitulah letak istimewanya!

Bulan Februari lalu aku mengenal sebuah website saat tidak sengaja blog walking mencari tempat membeli postcard. Setelah membaca beberapa blog yang saling berkaitan satu sama lain, dengan tema yang serupa, postcrossing.com, website yang mewadahi para pecinta postcard, pen pal, dan lain-lainnya yang masih berhubungan dengan filateli. Taglinenya aja udah bikin penasaran “send a postcard and receive a postcard back from a random person in the world!”. Membaca cerita demi cerita dari orang-orang yang sudah lebih dulu terjun dalam dunia postcrossing dan kawan-kawannya. Dan mereka sukses memprovokasiku untuk ikut mencoba mengirim kartu pos.

Aku ini termasuk orang dengan tipe observer sejati hahaha jadi ya kalo misalnya udah penasaran sama sesuatu ya gitu, langsung deh kepo nyari semua informasi tentang hal itu. Terus langsung deh daftar jadi member di website postcrossing, dan ternyata gak langsung jadi anggota resmi, gaes. Jadi di website ini aturan mainnya kita disuruh ngirim postcard secara random yang di tentuin sama sistem di websitenya. Untuk melegalkan diri menjadi anggota resmi postcrossing setiap member baru diharuskan mengirim 5 postcard.

Dan ke lima orang yang harus aku kirimi postcard berasal dari Belanda, Cina, Jerman, Rusia, dan USA. Ditiap postcard yang kita kirim masing-masing akan mendapat no. ID yang harus ditulis di postcard itu untuk di register saat penerima telah menerima postcard yang kita kirim, sehingga sistem bisa mencatat berapa postcard yang kita terima dan dapatkan. Dengan berbekal pengetahuan dari blog-blog yang udah aku baca dan untungnya ada beberapa stok postcard yang aku punya, dua hari kemudian setelah mendapat alamat penerima postcardku, berangkatlah ke kantor pos kota Bangkalan dan membeli perangko untuk masing-masing postcardku lalu menyerahkannya pada petugas kantor pos.

Asiknya di postcrossing.com kita bisa mantau hari perjalanan postcard kita di kolom travelling postcards. Pas awal-awal dulu itu website postcrossing tiap hari ga pernah absen aku pantengin haha XD

Perjalananku ngepoin hal-hal yang berbau postcard sampai di ide brilian yang ada di kepala, nyari grupnya di facebook! Daaaan voila bertemulah aku dengan grup Komunitas Postcrossing Indonesia dan langsung request member di closed group itu. Beberapa hari kemudian aku dapat private message di facebook dari sesorang yang ternyata adalah salah satu admin di grup KPI, yang akhirnya aku ketahui bernama mbak Rini Wulandari. Dia mengenalkan dirinya dengan ramah dan mengajukan beberapa pertanyaan yang ternyata juga diajukan buat semua orang yang request approval grup di KPI. Kaget sih, tapi juga tersentuh haha. Karena baru pertama kali ini request approval grup dan ditindak lanjuti dengan adminnya langsung, kaya berasa di sambut gitu deh, berasa eksklusif haha.

Setelah menjawab beberapa pertanyaan yang diajuin akhirnya aku di approve di grup KPI ini, dan langsung di arahin untuk baca pinned post yang ada di timeline grup. Dijelasin juga sama mbak Rini kegiatan yang ada di grup itu apa aja mulai dari berkenalan, berteman, bertukar2 postcard, ikutan give away (lotre), ikutan pameran postcard yang ada temanya tiap bulan, juga ikutan meet up atau ketemuan kalau pas jadwalnya, dan yang paling penting, have fun ngejalanin kegiatan baru ini yang sekarang naik status jadi hobi baru hehe. Hmm, banyak ya kegiatannya makanya yuk ikutan gabung di dunia per-postcrossing-an *haha bahasaku –“

Dari informasi yang aku dapet setelah baca pinned post grup aku akhirnya tau kalau ternyata perjalanan sebuah postcard dari satu negara ke negara lain rata-rata sebulan nyampenya, bahkan bisa lebih. Tapi, meskipun tau gitu, tiap hari aku tetep mantengin akun postcrossing aku hahaha berharap ada yang tiba-tiba sampai. Kira-kira sebulan kemudian akhirnya postcardku satu persatu tiba dengan selamat kepada penerimanya seneng sih baca pesan yang mereka sampaikan atas postcard yang aku kirim.

Postcard pertamaku datang dari Puerto Rico, sampai padaku dalam waktu 18 hari setelah bertravelling sejauh 18,746 km, dikirim oleh seorang gadis bernama Stephanie. Dan ternyata Puerto Rico adalah salah satu negara yang termasuk rare country, negara yang memiliki anggota postcrossing tidak banyak ❤

IMG_20150306_154143

 

Semoga hobi baru ini terus awet ya haha soalnya kadang aku suka bosenan sih orangnya 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s